Main Article Content

Daniel Alfanta
Othniel Alvaro
Suryani Suryani
Theophilus Theophilus
Leonathan Leonathan
Sondang Sondang

Abstract





Penelitian ini menyelidiki dinamika pembuatan sabun organik bebas surfaktan dan diversifikasi produk di Surabaya, yang bertujuan untuk memberikan wawasan mengenai preferensi konsumen, tren pasar, praktik industri, dan kerangka peraturan yang membentuk industri sabun organik. Melalui pendekatan metode campuran yang menggabungkan teknik kualitatif dan kuantitatif, data dikumpulkan dari pembuat sabun, konsumen, dan pemangku kepentingan untuk mengeksplorasi variabel-variabel utama dan menarik kesimpulan yang bermakna. Temuan menunjukkan meningkatnya permintaan konsumen terhadap produk sabun organik yang didorong oleh kepedulian terhadap kelestarian lingkungan, kesadaran akan kesehatan, dan preferensi terhadap alternatif alami. Sabun organik bebas surfaktan muncul sebagai pilihan menarik, menawarkan manfaat bagi kesehatan kulit, keselamatan, dan tanggung jawab terhadap lingkungan. Namun, tantangan dalam kompleksitas formulasi, kepatuhan terhadap peraturan, dan manajemen rantai pasokan telah teridentifikasi, sehingga menyoroti perlunya inovasi, kolaborasi, dan dukungan kebijakan. Implikasi dari penelitian ini meluas ke pembuat sabun, konsumen, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan, dengan menekankan peluang inovasi, diferensiasi, dan kolaborasi dalam industri sabun organik. Dengan memanfaatkan formulasi unik, desain kemasan, dan strategi pemasaran, pembuat sabun dapat memenuhi preferensi konsumen dan mendorong pertumbuhan bisnis. Para pembuat kebijakan dapat mendukung inisiatif yang mendorong keberlanjutan, transparansi, dan perlindungan konsumen, sehingga mendorong industri sabun yang lebih berkelanjutan dan beretika.





Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Alfanta, D. ., Alvaro, O. ., Suryani, S., Theophilus, T., Leonathan, L., & Sondang, S. (2023). Pembuatan Sabun Organik Bebas Surfaktan: Menjajaki Diversifikasi Produk dan Preferensi Konsumen di Surabaya. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 6(2), 95-103. https://doi.org/10.35335/abdimas.v6i2.5012
References
AJAR, B. A. B. (n.d.). BIOSEKURITI BIOSEKURITI.
Akbar, F. M. A. (2020). ANALISIS TANTANGAN DAN PELUANG PENGEMBANGAN UMKM HALAL DALAM ERA PASAR NASIONAL. Zhafir: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking, 2(2), 105–130.
Ambadar, J. (2013). CSR dalam Praktik di Indonesia. Elex Media Komputindo.
ARISWAN, M. (2018). PENGARUH JENIS PEMANIS DAN AROMA PADA PEMBUATAN MINUMAN VCO DENGAN PELARUT AIR KELAPA MUDA. Universitas Muslim Indonesia.
Azizah, N. C. (2016). Perancangan Pusat Riset dan Pengembangan Teknologi Nano Bidang Pertanian Kab. Malang: Tema eco-tech architecture. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Djojosumarto, P. (2020). Pengetahuan Dasar Pestisida Pertanian dan Penggunaannya. AgroMedia.
Faikoh, E. (2017). Formulasi sabun cair tanah sebagai penyuci najis mughalladzah dengan variasi tanah kaolin dan bentonit. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, 2017.
Harjoko, D. K. (n.d.). Penelitian Perbandingan Sikap Konsumen terhadap Produk Ramah Lingkungan (Green Product) dan Produk Tidak Ramah Lingkungan (Non Green Prod uct)(Studi pada Mahasiswa Administrasi Bisnis UPN “Veteran” Yogyakarta angkatan 2011-2013). UPN" VETERAN" YOGYAKARTA.
Hindarti, S., & Sari, D. (2019). Manajemen Agribisnis-Suatu Pengantar (Agribusiness Management-An Introduction). Available at SSRN 3431495.
Immanuel, D. (n.d.). UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK ETANOL 70% LIMBAH KULIT PISANG KEPOK (Musa paradisiaca) DAN PEMBUATAN SABUN PADAT SECARA STUDI LITERATUR.
Indraswari, W. B. (2018). Perancangan Desain Kemasan Produk Virgin Coconut Oil (VCO) Berbasis Kultur Trenggalek. Surabaya: ITS.
Indriana, H., Kinseng, R. A., Tonny, F., & Fatchiya, A. (2016). Dinamika kelembagaan pertanian organik menuju pembangunan berkelanjutan. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 4(2), 192–207.
KHAERUDDIN, K. (2005). PENGARUH DIVERSIFIKASI PRODUK TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PADA INDUSTRI PENGOLAHAN KAYU Studi Kasus–PT. Zein Rimba Kabupaten Boalemo–Provinsi Gorontalo. Universitas Hasanuddin.
Khoeri, H. Al. (2016). Implementasi strategi diversifikasi produk pada surat kabar Jawa Pos Surabaya. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Kisworo, B. (2020). Kajian Aksiologi Dalam Ranah Etika Pada Penggunaan Bahan Kimia Produk Kosmetik. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(1), 23–30.
Latif, Y. (2020). Pendidikan yang berkebudayaan. Gramedia Pustaka Utama.
Mayrowani, H. (2012). Pengembangan pertanian organik di Indonesia. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 30(2), 91–108.
Muhajiroh, E. N. (2020). Perancangan museum pertambangan batubara dengan pendekatan metafora tangible: batubara antrasit di Kabupaten Kutai Timur. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Panjaitan, R. (2018). Manajemen Pemasaran. Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik, 1–122.
Paulus, J. J. H., RUMAMPUK, N. D. C., PELLE, W. E., KAWUNG, N. J., KEMER, K., & ROMPAS, R. M. (2020). Buku Ajar Pencemaran Laut. Deepublish.
Prihandana, R., Hambali, E., Mujdalipah, S., & Hendroko, R. (2007). Meraup untung dari jarak pagar. AgroMedia.
Rahayu, N., & Giriarso, J. P. (2011). Kamus Kimia SMA. GagasMedia.
Ranatiwi, M., & Mulyana, M. (2018). Dampak jejaring kolaborasi dan kapabilitas inovasi terhadap kinerja. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 19(1), 49–58.
Saleh, H. M. Y., & Miah Said, S. E. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies (Vol. 1). Sah Media.
Sari, D., & Yusnita Arvianti, E. (2018). Pembangunan Pertanian (Agriculture Development). Available at SSRN 3110561.
Sekarini, G. A. (2009). Laporan magang di PT. Sido Muncul Bergas, Semarang (sistem sanitasi lingkungan).
Suryana, D. (2013). Cara Membuat Sabun: Cara Praktis Membuat Sabun. CreateSpace Independent Publishing Platform.
Tambunan, A. H., & Darmawan, I. W. (2017). Energi dan teknologi untuk pertanian industrial berkelanjutan. Penerbit IPB Press.